dengan : Japan Culture Daisuki
1. Dalam bidang bisnis apakah
usaha anda bergerak? Produk apa sajakah yang anda tawarkan?
Japan
Culture Daisuki bergerak dalam bidang industri kreatif yang lebih fokus ke arah
event organizing. Jika yang dimaksud sebagai produk adalah event yang dibuat,
maka Japan Culture Daisuki memiliki beberapa event, yaitu Daisuki! Japan
Festival dan Utsuru! serta beberapa event minor yang eventually diadakan dan
bukan merupakan event tahunan.
2.
Strategi
apa saja yang digunakan dan diterapkan pada usaha tersebut?
Strategi
utama yang digunakan adalah inovasi. Memberikan hal-hal dan pengalaman baru
kepada pengunjung dan membuat kesan yang baik bagi pengunjung.
3.
Jelaskan
tentang latar belakang dan sejarah usaha yang anda jalani!
Japan
Culture Daisuki terbentuk setelah event Japan Romantic Festival yang diadakan
pada Februari 2012 di SMA Negeri 3 Malang di bawah komunitas J-Zone. Setelah
event berakhir, beberapa panitia yang memiliki passion yang sama untuk membuat
event membentuk komunitas yang fokus pada pembuatan event, yaitu Japan Culture
Daisuki, yang saat itu beranggotakan 27 member. Kemudian disusunlah sebuah
rencana untuk membuat rangkaian event Daisuki! Japan di sekolah-sekolah dengan
visi untuk menjadi media gathering komunitas pop culture Jepang selain dua
event besar yang sudah ada di Malang, yaitu B-Bunkasai dan Isshoni
Tanoshimimashou.
Menuai
reaksi positif dari banyak kalangan, Japan Culture Daisuki membesarkan skala
Daisuki! Japan dengan menggelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang.
Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya event yang telah dijalani, Japan
Culture Daisuki mulai melangkah ke arah yang lebih profesional dan tidak lagi
berformat komunitas. Dengan sisa member sebanyak 6 orang, Japan Culture Daisuki
justru menjadi semakin solid karena sistem koordinasi dan komunikasi semakin
baik.
4.
Jika
terjadi pasang surutnya usaha, bagaimana menyikapi hal tersebut?
Pasang
surut usaha tentu tidak dapat dihindari. Dan tim Japan Culture Daisuki
memandang hal ini sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu
cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan skill dan kreativitas dengan
mengirim member Japan Culture Daisuki ke event berskala besar di Asia seperti
Comiket (Jepang), Anime Festival Asia (Indonesia / Singapore / Thailand), Comic
Fiesta (Malaysia), Doujin Market (Singapore),
Game Start (Singapore) dan masih banyak lagi untuk melakukan studi
event.
5.
Visi
dan misi untuk usaha ini?
Visi
Japan Culture Daisuki adalah untuk menjadi sebuah media yang terpercaya, baik
untuk mendukung perkembangan pop culture Jepang, memperkenalkan kebudayaan
Jepang, dan juga untuk menjadi pasar yang baik untuk perusahaan untuk merilis
maupun memasarkan produknya.
Terima kasih
atas perhatian dan waktunya, jika kurang dan lebihnya saya mohon maaf
sebsar-bersarnya. :-D
Komentar
Posting Komentar