Langsung ke konten utama

Job description & Business Function

@Jawa Pos Radar Malang
Pemateri :
Kurniawan Muhammad

Job Description adalah catatan yang sistematis tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab suatu jawaban tertentu, yang didefinisikan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Job Description harus menjelaskan dan berfokus pada perkerjaan itu sendri dan bukan kepada personil yang mengisi perkerjaan tersebut.

Business Function adalah suatu fungsi untuk menciptakan nilai suatu produk atau jasa, yang semula kurang bernilai, setelah di ubah atau di olah menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.
kita mengambil objek yaitu Radar Malang dan 4 Fungsi Bisnisnya, yang dikemukakan oleh Bpk. Kurniawan Muhammad.

11. Produksi yang ditawarkan
a.    Konten
b.    Informatif
c.     Adaptif (Merespon perubahan (online & media sosial))
  2. Pemasaran
a.    Survey -> Usia Dewasa (>usia 30 tahun)
b.    Event-event
33.    SDM
-       Karyawan
1.    Redaksi
2.    Non-Redaksi (Keuangan, pemesanan, dll)
44.    Keuangan
a.    Omset
b.    Laba
c.     Cash Flow
Dengan berpacu dengan Tugas-tugas Manajemen Beliau memberi tips yang bertujuan  agar 4 fungsi bisnis di dalam perusahaan bisa berjalan dengan baik, seimbang, proporsional, dan menjamin terjadinya sustainable growth.

Dalam memuwujudkan 4 fungsi bisnis tersebut, kita harus membutuhkan tools, yaitu pada prinsip manajemen, sbb :
1.    Planning
2.    Organizing
3.    Actuating
4.    Controling


Bpk.Kurniawan Muhammad juga berpesan untuk selalu bersyukur, mengUpdate passion dan juga pengetahuan, skill, memperbanyak teman, serta memanfaatkan atau jeli dalam peluang dan kesempatan yang ada.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang review kuliah tamu yang kedua ini. Kurang lebihnya mohon maaf, sekian dan terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Job Disc and Business Function

Dengan :  Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM (Asia), salah satu Dosen Pascasarjana Universitas Ciputra.   Karakter Intrepreneur (Prof. Allan Gibbs), yaitu : 1. Entrepreneurial Behaviour  2. Entrepreneurial Attribute 3. Entrepreneurial Skills 1.  MANUFAKTUR   Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untukmengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.     Job Disc : 1. Pengadaan bahan baku dan material. 2. Pergudangan / penyimpanan bahan dan produk. 3. Pengiriman produk. 4. Proses produksi. 5. Penjaminan kualitas bahan dan produk. 6. Pengembangan produk. 7. Pemeliharaan mesin. 2. RETAIL   Retail adalah salah satu pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.   Job Disc : 1. Buka - tutup toko. 2. Pengadaan - penerimaan barang. 3. K