Langsung ke konten utama
BUSINESS ENTITIES & BUSINESS MODEL

Oleh:

Bpk. Benaya V. Jaya, Dipl.-Ing

 Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau menawarkan jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Pada kesempatan sekali ini seminar atau kuliah tamu yang di adakan pada tanggal 22 maret 2018 di kampus pusat STMIK STIE ASIA Malang di lantai 4 ruangHardvard ini Bpk. Benaya V. Jaya, Dipl.-Ing lulusan dari salah satu universitas Jerman dan sekarang beliau bekerja di perusahaan eksport-import biskuit/cemilan di New Zealand dan Australia  ini menjelaskan tentang Bisnis secara detail mulai dari badan usaha, sifat bisnis, bisnis model – External/Internal, bisnis model canvas, COLES supermarket, Syarat Ekspor, jenis barang ekspor, prosedur ekspor, dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ekspor.

Dari pengalaman yang cukup memumpuni tersebut beliau sangat bisa memotivasi para mahasiswa dan juga ahli memberi materi tentang bisnis eksport karena beliau bukan hanya teori juga sudah menjalani berbagai pengalaman berbisnis lamanya di dalam bisnis eksport ini.


Sedikit pembahasan, Business entities adalah suatu objek yang digunakan oleh organisasi untuk melakukan aktifitas bisnis, entitas ini meliputi suatu pekerja bisnis yang di hadapi sehari-hari. Sedangkan, Business Model merupakan alat bantu yang menjelaskan bagaimana suatu organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap suatu nilai tambah. Beliau juga menjelaskan bahwa bisnis model setiap usaha memiliki Business Model terdiri dari core business dan supporting business yang memiliki relasi timbali balik di dalam dua hal tersebut. Jenis bisnis model ini ada 3 macam yaitu jasa, produksi, retail. 


Jadi materi yang sangat di sampaikan sangatlah lugas dan jelas sebagai peserta yang mendengarkan materi seminar Bpk. Benaya V. Jaya ini tidak akan rugi apabila seseorang ini ingin sekali suatu saat menjadi pembisnis seperti Bpk. Benaya V. Jaya ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Job Disc and Business Function

Dengan :  Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM (Asia), salah satu Dosen Pascasarjana Universitas Ciputra.   Karakter Intrepreneur (Prof. Allan Gibbs), yaitu : 1. Entrepreneurial Behaviour  2. Entrepreneurial Attribute 3. Entrepreneurial Skills 1.  MANUFAKTUR   Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untukmengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual.     Job Disc : 1. Pengadaan bahan baku dan material. 2. Pergudangan / penyimpanan bahan dan produk. 3. Pengiriman produk. 4. Proses produksi. 5. Penjaminan kualitas bahan dan produk. 6. Pengembangan produk. 7. Pemeliharaan mesin. 2. RETAIL   Retail adalah salah satu pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis.   Job Disc : 1. Buka - tutup toko. 2. Pengadaan - penerimaan barang. 3. K